Kamis, 26 Januari 2017

Cara Menyambung Pohon Nangka

CARA MENGEMBANGBIAKKAN TANAMAN DENGAN CARA VEGETATIVE BUATAN
(MENYAMBUNG POHON NANGKA)
Hasil gambar untuk GAMBAR MENYAMBUNG TANAMAN 



Alat dan Bahan
-Sisa batang sambung nangka
-Silet bersih dan tajam
-Kantong plastik transparan
-Pot lengkap dengan media tumbuh
-Tali jika perlu
-Zat pengatur tumbuh (ZPT) atau perangsang akar
Cara :
1)Batang yang akan disetek umurnya cukup muda dan masih berwarna hijau. Setekan dipotong dari batang nangka yang masih berumur beberapa minggu. Untuk media dalam pot digunakan tanah yang lembab. Tanah lembab ini diperoleh dengan menyiram media tanah pada pot beberapa hari sebelumnya sehingga keadaannya lembab saja dan tidak terlalu basah dengan air.
2)Batang yang akan disetek dipotong pucuknya dan disisakan 3 atau 4 daun saja. Daun-daun ini kemudian juga dipangkas semua menggunakan silet yang bersih dan tajam. Tangkai daun sengaja disisakan sedikit beberapa milli panjangnya sebagai indikator. Biasanya jika sisa tangkai ini terlepas atau jatuh sendiri pertanda setek akan hidup.
3)Siapkan zat pengatur tumbuh dan tuang sedikit serbuknya di atas kertas atau piring. Ujung bawah batang yang akan disetek pada sisa luka potong dan sekitarnya kemudian dioleskan ke dalam serbuk ini.
4)Batang setek kemudian ditancapkan ke dalam media tanah dan sedikit dipadatkan agar media dapat menempel dengan baik pada batang.
5)Area setek kemudian ditutup dengan plastik. Jika kantong cukup besar dapat ditutup dan dibuat tali pada pot yang digunakan, di sini hanya di tindis sisa tepi plastik dengan batu kecil karena plastiknya tidak terlalu besar.
Hasil
Beberapa hari setelah tanam setek ini, batang tetap terlihat hijau dan segar. Bekas tangkai daun yang masih sedikit tersisa mulai tanggal sendirinya dengan mulus.
7 hari atau 1 minggu hari setelah penyetekan, tampak pergerakan tunas baru yang mulai mengintip keluar di sela-sela bekas ketiak daun. Diperkirakan setek ini akan dapat tumbuh dengan baik. Selama penyetekan tidak pernah dilakukan penyiraman karena telah kehujanan.




http://daunijo.com/praktek-cara-stek-tanaman-nangka-cempedak-sisa-grafting/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar